Kinerja KPK Harus di Optimalkan

Kinerja KPK Harus di Optimalkan

www.bawika.com'

Kinerja KPK Harus di Optimalkan

GEDUNG BARU
KPK Diminta Optimalkan Kinerja 

Sabtu, 13 Oktober 2012
JAKARTA (Suara Karya): Setelah disetujuinya pengajuan anggaran pembangunan gedung baru, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk lebih mengoptimalisasi kinerjanya dalam memberantas korupsi. Apalagi, publik saat ini tengah menaruh harapan yang sangat besar terhadap lembaga antikorupsi itu.


"Saya berharap bisa jadi stimulus bagi KPK untuk meningkatkan kinerja dan optimalisasi pemberantasan korupsi secara maksimal. Karena memang, pembangunan gedung baru KPK, merupakan kebutuhan yang mendesakn jika melihat kondisi yang ada saat ini," ujar anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS, Indra, Jumat.

Selain mampu menjalankan tugas, KPK juga diminta berani menuntaskan 'PR' seperti kasus BLBI, Century, Hambalang, Wisma Atlet dan kasus dugaan korupsi lain yang menjadi perhatian publik.

Ketua DPR Marzuki Alie mengklaim, disetujuinya anggaran pembangunan gedung baru KPK menunjukkan bahwa DPR mendukung penguatan lembaga tersebut.
"Kita ini ingin menguatkan KPK, ingin menguatkan Polri, juga ingin memperkuat Kejaksaan. Nggak ada kita bertujuan melemahkan KPK," ujarnya.

Dalam rapat pleno yang berlangsung Kamis malam, Komisi III DPR sepakat mencabut tanda bintang anggaran gedung baru KPK senilai Rp 225,7 miliar. Proyek ini dilaksanakan secara multiyears mulai 2013.

Tetapi di lain pihak, Komisi III DPR menolak dua usulan alokasi anggaran KPK, yakni pembentukan komunitas antikorupsi dan kegiatan publikasi.
Ketua Komisi III DPR, Gede Pasek Suardika, mengatakan, usulan alokasi anggaran untuk komunitas antikorupsi ditolak lantaran dianggap belum jelas. Pasek khawatir fokus kerja KPK di bidang pencegahan dan penegakkan hukum akan terpecah.

"Kami khawatir bukannya upaya pencegahan dan penegakkan hukum, tapi justru malah mengumpulkan orang di mana kami belum bisa melakukan pengawasan," ucap Pasek.
Terkait pencoretan alokasi anggaran publikasi, Pasek beralasan, hal itu bisa dimasukkan ke dalam program pencegahan serta seminar-seminar.
Tidak hanya mencoret anggaran KPK, tetapi Komisi III juga mencoret anggaran Mahkamah Konstitusi untuk kegiatan media dan publikasi seperti Suara Konsititusi dan Berita MK.

Sementara itu, Kejaksaan dan Kepolisian menerima pengalihan dana Rp 699 miliar untuk penguatan pemberantasan korupsi. Anggaran ini sedianya digunakan untuk membangun kantor perwakilan DPD di 33 provinsi.
Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Tamsil Linrung, mengatakan bahwa pihaknya akan segera memproses rekomendasi dari Komisi III terkait alokasi anggaran untuk gedung baru KPK. Rencananya, pengesahan keputusan Komisi III ini akan dilakukan pada rapat paripurna pekan depan.
Mekanisme selanjutnya, Banggar akan melakukan harmonisasi dengan Menteri Keuangan.

Juru bicara KPK Johan Budi SP menyatakan, pihaknya mengapresiasi keputusan Komisi III tersebut.
"Langkah Komisi III perlu diapresiasi karena memang kebutuhan gedung KPK itu sebuah keniscayaan. Kami tidak merajuk, tapi memang kondisi gedung saat ini tidak memungkinkan," kata Johan.

Disetujuinya anggaran pembangunan gedung baru KPK, kata Jjohan, sekaligus menjawab kebutuhan KPK akan rumah tahanan (rutan) yang lebih layak dan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan.
Johan memastikan kalau gedung baru KPK nantinya akan menyatu dengan rumah tahanan KPK. "Jadi, gedung itu didesain plus rutan untuk sekitar 1.000 pegawai. Ini kan sebenarnya pengajuan sejak 2009, waktu kami perkirakan jumlah pegawai pada 2010 itu sekitar seribuan," katanya.

Dengan dibangunnya rutan yang terintegrasi dengan gedung baru, Johan menyatakan pihaknya tidak perlu lagi meminjam rutan kepada instansi lain, termasuk meminjam rutan milik Tentara Nasional Indonesia (TNI).
Meskipun demikian, disetujuinya alokasi anggaran pembangunan gedung baru KPK tidak otomatis menghapus perjanjian pinjam pakai rutan TNI oleh KPK. Selama gedung baru belum berdiri, KPK masih memerlukan rutan pinjaman dari instansi lain.
Johan berharap alokasi anggaran untuk pembangunan gedung baru KPK dapat segera direalisasikan.

Rencananya, ada beberapa lokasi pembangunan gedung baru KPK yang disediakan pemerintah. Namun, Johan belum merinci lokasi-lokasi tersebut. Demikian juga mengenai rancangan gedung yang akan dibangun KPK nantinya. (Sugandi/Jimmy Radjah/Ant)sumber

terima kasih atas kunjungan anda. 

Oleh Annas Bawika pada .
semoga membantu. Rating: 5

Deskripsi: Berbagi itu baik ~ Annas bawika Rating: 5

0 komentar para pengunjung:

Posting Komentar

 
annas bawika: Privacy policy | disclaimer | FAQ |
Copyright © 2011. Berbagi Itu Baik - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger