Mobil Sahabat Petualang

Mobil Sahabat Petualang

www.bawika.com'







Indonesia begitu indah , mengapa saya bilang begitu , karena indonesia memiliki alam yang tiada duanya di dunia, indonesia memiliki Ribuan Pulau - Pulau berjajar membentuk gugusan pulau yang sangat indah , gunung gunung berbaris dari ujung barat hingga ujung timur , sampai samudra luas membentang dengan air jernih berwarna biru dan yang pasti berisi keindahan di dalam nya. saya termasuk dari sekian penduduk indonesia yang mencintai indonesia. sehingga banyak wisatawan yang mengunjung indonesia .

Banyak keajaiban yang tercipta di indonesia , mulau dari pulau Sumatra Hingga Pulau Papua. sehingga tim dari tim Jurnalis beserta Daihatsu menjelajahi keindahan alam Indonesia dalam rentang eksplorasi pulau Sumatera hingga Sabang. Mengusung tema petualangan Terios 7-Wonders, 3 unit Daihatsu Terios Hi-Grade Type TX AT dan TX MT siap menjelajah alam Indonesia nan eksotis. Perjalanan ini adalah merupakan sebuah penggambaran brand Terios sebagai "Sahabat Petualang" sejati.





Daihatsu Terios Hi-Grade Type TX AT

Mesin
Mesin berkapasitas1.495 cc
Mesin jenis4-silinder in-line 16-katup DOHC DVVT
Rasio kompresi10
Diameter x Stroke(72,0 x 91,8) mm
Prestasi
Kekuasaan105 bhp
Momen140 Nm
Percepatan13.6s (0-100 kmh)
Top speed170 kmh
Konsumsi bahan bakar11,8 km \ L
Misc data teknis
Transmisi4-speed (A)
Berkendara jenisAWD
Pengukuran
Jenis kendaraanSUV
Dimensi (L x W x H)(4055 x 1695 x 1690) mm
Jarak roda2.580 mm
Min radius putar4.900 mm
Kerb berat badan1.170 kg
Kapasitas tangki bahan bakar50 L
Rem
Rem (depan)Rem cakram dengan booster
Rem (Belakang)Drum rem leading dan trailing
Penangguhan
Suspensi (depan)MacPherson struts dengan pegas koil
Suspensi (Belakang)5-link rigid axle dengan per pegas





Daihatsu Terios Hi-Grade Type TX MT

Tipe Mesin3SZ-VE DOHC VVT-i Berpendingin air
Isi Silinder1495cc
Daya Maximum109/6000 ps/rpm
Torsi Maksimum14.5/4.400 kg - Nm/rpm
Kapasitas Tangki45liter
Panjang4405mm
Lebar1695mm
Tinggi1740mm
Jarak Poros Roda2685mm
Jarak Pijak Depan1445mm
Jarak Pijak Belakang1460mm
Berat Kosong1165kg
TipeManual, 5 Kecepatan, 1 Mundur
Sistem KemudiRack & Pinion dengan Power Steering
Suspensi DepanMacPherson Strut tanpa per keong & stabilizer
Suspensi BelakangRigid axle, 5-link tanpa per keong
Rem DepanTipe Disc Cakram tanpa booster
Rem BelakangTipe Drums, leading & trailing
Ukuran Ban Depan215/65 R16 Alloy Wheel
Ukuran Ban Belakang215/65 R16 Alloy Wheel
Lampu KabutYes
Lampu HIDNo
Spion dengan lampu belokYes
Spion OtomatisYes
Spion dapat di lipatYes
AC Dual Zone Control AutoclimateYes
Belakang Ventilasi ACYes
Paddle ShiftYes
Sensor Hujan + Auto WiperYes
KeraiNo
AudioYes
Cruise ControlNo
Kemudi Audio KontrolNo
Panel KayuNo
Leather SeatNo
Atur Kemudi OtomatisNo
SunroofNo
Badan Teknologi StrukturalYes
ImmobilizerYes
AirbagsYes
Sensor ParkirNo
ABSNo



Di Pulau sumatera tersendiri memang banyak sudah yang mengetahui bahwa terkenal dengan keindahan alamnya, bukan hanya itu saja , di pulau sumatera juga terkenal penghasil kopi yang berkualitas.  tim Jurnalis beserta Daihatsu sejalan dengan tema perjalanan "Sumatera Coffee Paradise"

Dalam Perjalanan Ini tim Terios 7-Wonders akan mengunjungi 7 spot kopi yang terkenal di Sumatera. Yang Pasti dsini banyak tenaga extra , buat tenaga mesin dan tenaga manusia , karena perjalanan ini di tempuh sangat jauh. Dalam perjalanan SUV 7-Seater Terios, akan teruji ketangguhannya di medan yang menyuguhkan karakter jalan yang bervariasi. namun , kendala jalan dan medan yang berat , dapat di atasi dengan kenyamanan berkendaraan dapat diraih. Begitu pula dengan kenyamanan didalam kabin.Steering wheels with audio switch, menjadi salah satu fitur penunjang kenyamanan selama berkendara. ini tentu saja berkat ground clereance yang tinggi disertai dengan performa mesin 3SZ-VE DOHC VVT-I 1.495cc.




Perjalanan pertama bagi tim Terios 7-Wonders menempuh jarak yang lumayan jauh jaraknya hingga mencapai 567 km dari Jakarta menuju Liwa. Liwa terletak di jalan simpang yang menghubungkan tiga provinsi, yaitu Lampung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.Di sebelah selatan, Liwa berbatasan dengan pekon (desa) Kembahang kecamatan Batubrak, di sebelah timur berbatasan dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), di sebelah barat dengan pekon Tanjungkemala, kecamatan Pesisir Tengah dan TNBBS, dan di sebelah utara dengan pekon Tanjungraya, kecamatan Sukau. memiliki hawa yang sejuk khas pegunungan. Perjalanan yang akan di dominasi oleh jalan yang berliku dengan tanjakan yang terjal, merupakan tantangan awal yang akan segera dilakoni oleh Daihatsu Terios beserta tim 7-Wonders. Daihatsu Terios 7-Wonders Memberikan Pengetahuan Bahwa Daihatsu sangatlah peduli akan segala bentuk potensi alam yang dapat memperkaya khasanah masyarakat Indonesia, khususnya kepada dunia.



Yang Pati Perjalanan Terios 7-Wonders Akan memberikan kebaikkan tim yang melakukan ekspedisi, akan singgah di tujuh lokasi produsen kopi Luwak yang sudah ternama hingga mancanegara , tim Terios 7-Wonders  juga melakukan aktivitas CSR dengan meberikan bantuan kepada Posyandu binaan serta memberikan bantuan kepada UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) diwilayah Bengkulu dan Medan. Dan Mungkin Akan memakan  waktu hingga 14 hari . (10/10)  Setelah dilepas di VLC serta melakukan persiapan, tepat pada pukul 23.00 WIB tim bergegas menuju penyeberangan Merak-Bakauheni.



Sesampainya di kota lampung tim Terios 7-Wonders melakukan sarapan , menurut tim tim Terios 7-Wonders , Sarapan adalah kewajiban bagi tim Terios 7-Wonders , mengingat perjalanan yang di tempuh sangatlah jauh dan cukup menguras tenaga, baru dilakoni tim Terios 7-Wonders, 300 km. Dari kota Lampung tim bergerak menuju Liwa, Lampung Barat. didominasi oleh tikungan pendek disertai oleh tanjakan terjal. Menuntut tim Terios 7-Wonders untuk pandai-pandai melakukan perpindahan transmisi. Beberapa kali shifter matik Terios AT berpindah dari D-3 ke 2. Sementara untuk yang manual dari 4 ke 3. 
Secangkir kopi panas berikut kudapan pagi, merupakan penyemangat kami tim Terios 7-Wonders untuk melanjutkan petualangan selanjutnya, mengeksplorasi penangkaran Luwak serta menghirup aroma kopi dari perkebunan kopi yang terletak tidak jauh dari Danau Ranau.




Ada Pengalaman menarik Ketika tim Terios 7-Wonder sedang mengeksplorasi pengolahan kopi di Liwa yang terkenal hingga mancanegara, tim Terios 7-Wonder Bertemu dengan salah satu penyuluh pertanian yang memiliki pabrik kopi. biji yang pasti diolah berasal dari petani kopi di sekitar Liwa yang terkenal hingga mancanegara , Selain itu bukan saja pengolahan nya  disini tim Terios 7-Wonder mencoba beraroma pada kopi tersebut. yang kami dapat kabar dari liwa adalah sebenarnya sudah ada dua macam yang di kembangkan yaitu ,kopi beraroma gingseng dan kopi beraroma pinang , ini berdasarkan pendapat M.Khodis
tim Terios 7-Wonder akhirnya merapat di kota Lahat malam hari sekitar pukul 20.00 WIB. Rombongan disambut langsung orang nomor satu di Lahat. 
Sahabat Petualang, ikuti terus perjalanan 
tim Terios 7-Wonder selanjutnya, yang pastinya akan menyuguhkan ragam keindahan alam Sumatera lainnya bersama SUV Daihatsu Terios yang tim Terios 7-Wonder kendarai.


Usia kota Lahat saat ni sudah mencapai 130 tahun. “Kota Lahat ini dirancang oleh Belanda ketika menjajah di Indonesia. Blue print kota Lahat berupa gambar skets sudah ditemukan lo,” tutur Aswari. Berbagai peninggalan Belanda pun bisa ditemukan di Lahat. Salah satunya adalah Sekolah Dasar Santo Yosef dan juga berbagai bangunan tua lainnya.
Budaya minum kopi sediri sudah berlangsung sejak dahulu.Jarum jam menunjukkan pukul 12.40 WIB saat tim 7 Wonders keluar dari halaman hotel Grand Zuri. Jalanan menuju kota Pagaralam agak sedikit bergelombang. Sekitar 20 menit keluar dari kota Lahat jalanan mulai berkelok-kelok. Memasuki perbatasan kota Pagaralam, kelokan jalanannya disertai dengan tanjakan terjal.



Banyak Jalan yang tak stabil alias rusak , contohnya di daerah Jalanan sepanjang Mandailing Natal – Tarutung , dsini kondisi jalan hampir tidak rata , namun ada sebagian jalan yang rata , namun kalo di logika saja ,jalan ini spesifikasinya lebih ke arah tidak rata , uniknya dsini ada sebagian jalan yang belum di perbaiki alias belum juga selesai , seperti halnya bekas jembatan yang putus karena banjir bandang, namun sekarang sudah di perbaiki.

Yang Pasti Perjalanan ini sangat menguras tenaga bagi 
tim Terios 7-Wonders , mengapa begitu karena membuat perjalanan semakin terhambat dengan adanya medan yang kurang baik. banyak jalanan berbatu dan jalanan yangsudah  untuk di lewati , tp tidak apa , karena dsini menguji ketangguhan suspensi Teriostim Terios 7-Wonders sempat terkejut dengan ketangguhan suspensi Terios. meskipun harus selalu di lewati jalan yang tak cukup baik, ternyata laju Terios masih saja stabil.

Dalam Perjalanan 
tim Terios 7-Wonders selalu berhati hati dan mengharapkan keselamatan bagi pengendara , namun itu berkata lain ada salah satu mobil dari tim Terios 7-Wonders Tiba-tiba slip di salah satu tikungan menjelang Tarutung. tim Terios 7-Wonders Tidak menyangka karena tim Terios 7-Wonders Tidak melakukan jalan dengan laju kencang , dsini yang terjadi adalah tim Terios 7-Wonders dari salah satu mobil Stir Terios tak mau belok dan meluncur lurus dan berhenti setelah menyenggol semak belukar.
Yang Terjadi Disini Adalah 
tim Terios 7-Wonders Semua rombongan berhenti dan langsung melakukan evakuasi di tengah hujan turun tim Terios 7-Wonders bergegas melakukan pembenaran pada situasi yang darurat ini dengan peralatan recovery yaitu strap (tali) untuk menarik mobil. Kurang lebih 15 menitan Terios pun sduda melaju ke jalan raya , tim Terios 7-Wonders mengecek , apakah ada sesuatu yang tidak di inginkan dalam Terios , Ternyata Hanya penyok di ujung samping sebelah kiri depan Dan bagian dalam lampu utama ada yang pecah. Meskipun lampu tetap berfungsi normal.

Namun Bukan dsitu saja Kendala yang di hadapi oleh  
tim Terios 7-Wonders Tak jauh dari Tarutung ketika kami berencana menuju Medan tiba-tiba melalui radio komunikasi salah satu Terios tim 7-Wonders mengeluh jika rem-nya sedikit bermasalah.tim Terios 7-Wonders Tak akan tinggal diam dan langsung melakukan pengecekan pada Terios Ternyata penyebabnya karena beberapa kali melewati kubangan lumpur dan air maka disc brake basah sehingga pengereman tak seimbang. Setelah rem kami panasi dengan cara menjalankan mobil lalu direm bersamaan menginjak gas selama beberapa kali gejala yang dikeluhkan hilang.
tim Terios 7-Wonders Akhirnya segera meluncur ke medan , sesuai dengan rencana sebelumnya bahwa sebelum melakukan aktivitas CSR tim Terios 7-Wonders akan melakukan pengecekan kendaraan sebelum memasuki rute berikutnya. dan tim Terios 7-Wonders masuk di Kota Medan pukul 22.00 WIB.


Dalam Perjalanan Ini tim Terios 7-Wonders juga melakukan pengecekan dan perbaikan pada 3 Terios yang menemani perjalanan 7Wonders , Krena begitu banyak rute dan medan yang berat telah di tempuh , jalan lumayan rumit untuk di kuasai dan dsini ada kendala sedikit salah satu Terios. yang pasti  tim Terios 7-Wonders mengembalikan kondisi mobil jadi prima lagi cukup penting. Mengingat rute kami berikutnya di provinsi Aceh juga penuh tantangan.

tim Terios 7-Wonders melakukan pengecekan di main dealer Daihatsu medan , yang di perhatikan adalah kondisi baut baut dan pengereman juga di cek oleh  tim Terios 7-Wonders . Yang pasti para mekanik yang sudah berpengalaman di bidangnya yang menangani langsung Kondisi Kendaraan Terios 7-Wonders, Namun ada salah satu bagian depan mobil bagian kiri yang penyok akibat menyenggol semak semak yang ada pada jalan , itupun tak luput untuk di perbaiki oleh para mekanik handal Daihatsu. Pak edi selaku Kepala cabang AI DSO Medan dan para mekanik yang membatu membuat Terios kembali bugar.


tim Terios 7-Wonders masuk kota Sabang sekitar pukul 18.30 WIB. "Saatnya makan malam" itu yang di ucapkan para tim Terios 7-Wonders  Untuk mendapatkan suasana yang khas Aceh kami sempatkan minum kopi dan makan malam di dekat alun-alun Langsa. Ketika menikmati hidangan sate matang dan martabak Aceh, dr. Marlunglung Purba atau biasa disapa Lung Lung ikut bergabung.

Dan akhirnya tim Terios 7-Wonders mengakhiri Rangkaian perjalanan Panjang , sepanjang 3.657 km selama 15 hari berakhir di tugu “Nol” Kilometer tepat pukul 12.48 WIB (24/10)


Sebenarnya rombongan Terios 7-Wonders sudah di tunggu di sabang , yang Pastinya Oleh Para petinggi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) 
Antara Lain :
  • Amelia Tjandra
  • Rio Sanggau
  • Elvina Afny
  • Guntur Mulja

beberapa wartawan nasional dari Jakarta yang diajak khusus menyaksikan peristiwa bersejarah ini.

mendapat ucapan selamat dari yang hadir di tugu “Nol” Kilometer.




selamat untuk Anggota tim 7-Wonders yang terdiri dari Tunggul Birawa (leader). 
  • Insuhendang 
  • Bimo S Soeryadi
  • Ismail Ashland 
  • Aseri 
  • Toni 
  • Arizona Sudiro 
  • Endi Supriatna 
  • Enuh Witarsa 
  • David Setyawan (ADM) 
  • Rokky Irvayandi (ADM)


terima kasih atas kunjungan anda. 

Oleh Annas Bawika pada 2.
semoga membantu. Rating: 5

Deskripsi: Berbagi itu baik ~ Annas bawika Rating: 5tag:  , 


0 komentar para pengunjung:

Posting Komentar

 
annas bawika: Privacy policy | disclaimer | FAQ |
Copyright © 2011. Berbagi Itu Baik - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger