Tips Hemat BBM

Tips Hemat BBM

www.bawika.com'



Tips Hemat BBM saat Berkendara
bensin sangatlah penting bagi yang memiliki kendaraan bermesin, mulai dari sepeda motor hingga sampai ke kendaraan yang berat, kadang kala kita mengeluh dengan kenaikan BBM yang semakin melonjak tinggi, yang artinya iku akan menguras dana kita untuk membeli bensin dalam kita beraktifitas menggunakan kendaraan yang membutuhkan bensin.
berikut ini ada tips Hemat BBM disaat anda berkendaraan dimana saja.
berikut artikelnya:

  • Pengisian BBM di waktu malam hari, Mengapa?.
    manfaatkan kondisi ini untuk mapir ke SPBU terdekat yang ada pada rumah anda, konon ternyata 1 liter diwaktu tersebut lebih banyak dibanding kita membeli bensin di siang hari, mengapa?. karena suhu dingin di malam dan pagi hari membuat partikel bensin dalam kendaraan rapat, sehingga volume yang kita dapat pun jadi lebih banyak.
  • Bila jarum fuel meter sudah berada di garis tengah, segeralah mampir ke SPBU terdekat untuk mengisi full tank. Sebab bila semakin banyak ruang kosong di tangki bensin, maka semakin besar kemungkinan bensin menguap di siang hari. Ibarat kolam kosong yang baru diisi, kotoran yang mengendap di bawah akan ikut terangkat dan mengotori mesin.
  • Sedikit banyak, jenis lagu yang kita dengarkan saat mengemusi berpengaruh pada cara kita memainkan gas dan bermanuver. Lagu upbeat dinilai bisa membuat kita menjadi lebih agresif, layaknya jagoan di film-film aksi Hollywood, macam "fust and furious"! Sebaiknya hindari lagu-lagu dengan irama menghentak, pilihlah yang sedikit berirama slow atau dengarkan radio dengan pilihan lagu bervariasi. Cara lain, turunkan volume suara atau matikan saja tape mobil.

  • Di Kecepatan tinggi, biasanya bila jarum RPM (revolution per minute) melebih angka 3 dan mesin mobil akan terdengar menggerung, sebaiknya segera atur perpindahan gigi agar suara jauh M adalah 80-96 km/jam untuk di jalan bebas hambatan.

  • Traveling By Car atau tamasya bersama sejumlah rekan atau keluarga menggunakan mobil, biasanya membuat penuh mobil dengan barang-barang bawaan, sehingga mobil menjadi terbebani dan harus bekerja ekstra. Akibatnya kondisi ini bisa mengurangi aerodinamika mobil dan meningkatkan penggunaan bahan bakar hingga 5%. Bila memungkinkan, angkutlah barang atau penumpang secukupnya.

  • Bila mobil berhenti lebih dari 5 menit, baik di tepi jalan atau saat di traffic light, sebaiknya matikan mesin mobil. Sebab bensin akan terus dipakai walau mobil dalam kondisi diam sekali pun, apalagi dengan tetap menyalakan AC. Jadi, tak perlu lama-lama memanaskan mesin, 3 menit saja sudah cukup. Membiarkan mobil menyala dalam kondisi diam dalam .



Tips Hemat BBM
Oleh annas bawika pada .
semoga membantu artikel dari saya Rating: 4.5
Berbagi Itu Baik

0 komentar para pengunjung:

Posting Komentar

 
annas bawika: Privacy policy | disclaimer | FAQ |
Copyright © 2011. Berbagi Itu Baik - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger