Tips bisnis yang baik

Tips bisnis yang baik

www.bawika.com'

Dalam berbisnis nampaknya kita harus memberikan yang terbaik untuk konsumen,
Produk bagus saja tidak menjamin kesuksesan berbisnis. Pelayanan yang memuaskan juga memegang peranan penting, sehingga bisa membuat pelanggan datang dan datang lagi.Namun pelayanan yang begus ‘saja’, juga belum cukup untuk membuat roda bisnis terus berputar. Produk boleh sama, tapi harga bisa berbeda. Faktor yang membedakan harga, salah satunya adalah servis.
Apa yang membikin nasi goreng resto lebih mahal dibanding nasi goring tektek? Padahal, bumbunya sama, rasanya kurang lebih juga sama, bahkan kenyangnya pun sama. Bedanya adalah dalam hal penyajiannya. Nasi goreng tektek disajikan secara seadanya dalam suasana yang alakadarnya. Sedangkan nasi goreng resto disajikan dengan hiasan pendukung (mentimun, daun kemangi, tomat) yang lebih cantik piring-sendok bersih berkilau. Pelayannya pun ramah dan bayarnya bisa ‘ngutang’ dengan kartu kredit. Kasus serupa adalah mengapa harga barang-barang di toko-toko waralaba (indomart, alfamart), berbeda dengan harga barang-barang serupa di pasar. Karena di toko waralaba, selain tempatnya bersih, Anda juga dimanjakan dengan AC dan alunan musik yang membuat Anda merasa nyaman dan betah saat berbelanja. Sedangkan di pasar, Anda hanya menemukan suasana yang penuh sesak, suasana yang kurang bersih dan teratur, serta gerah saat berbalanja. Kesimpulannya, faktor yang membedakan kedua contoh kasus di atas adalah servis. Bisa dikatakan, servis yang baik dan memuaskan menjadi ‘senjata’ utama untuk mendatangkan laba. Bahkan, bisa sekaligus mempromosikan bisnis Anda secara gratis. Lalu, servis bisnis yang seperti apa, yang mampu membikin pelanggan datang secara berkelanjutan, sehingga laba bisnis Anda terus meningkat? Berikut ini akan diuraikan 8 tips servis terbaik bagi pelanggan atau beberapa pakar sering menyebutnya sebagai 8 bites of service, namun saya sering menyebutnya sebagai 8+ bites of service, apapun bentuk usaha Anda:


1. Access. Pelanggan akan dengan mudah menyebut bahwa pelayanan bisnis Anda bagus, kalau ia memiliki kemudahan dalam mengajukan keluhan. Bisa melalui telepon. SMS, atau kotak saran. Pastikan sarana ini tersedia dan terpantau.

2. Responsiveness. Wadah untuk mengajukan keluhan sudah tersedia, tetapi keluhan pelanggan tak pernah ditanggapi. Padahal janjinya akan segera ditindaklanjuti. Kotak saran jangan dibiarkan berdebu, karena lama tak dibuka. Jangan anggap sepele kotak saran atau SMS dari pelanggan tersebut. Kalau dibiarkan saja, pelanggan bisa saja kemudian menulis di Koran, dan akibatnya seluruh negeri jadi tahu ‘aib’ perusahaan Anda. Dan hal ini merupakan black campaign yang sangat merugikan Anda.

sumber : tipsanda.com

1 komentar para pengunjung:

Novly Notie mengatakan...

hehe mau promo aja nie, klik ya… blog aq, siapa tau aja tertarik.

untuk cewe-cewe
http://memutihkan.blogspot.com
untuk yang suka berbisnis online
http://www.investhemat.com/?id=notienovly

Posting Komentar

 
annas bawika: Privacy policy | disclaimer | FAQ |
Copyright © 2011. Berbagi Itu Baik - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger